Afdruk Screen...!!!

Guys...., izinkan saya kali ini untuk menuliskann tentang cara afdruk screen sesuai pengalaman saya yah...!!
untuk memulai usaha sablon kaos banyak hal yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah proses afdruk. yah pada kali ini hal itulah yang akan saya coba tuang dalam tulisan bro.

Pertama untuk melakukan proses afdruk yang pertama kita lakukan adalah memperhatikan secara seksama screen yang akan kita afdruk. pastikan bahwa screen itu benar - benar bersih dari debu atau kotoran lain yang bisa merusak hasil afdrukan kita.

Kedua setelah kita yakin klo screen yang kita gunakan betul - betul bersih maka buatlah campuran afdruk. biasanya kalau kita membeli obat afdruk pasti  kita akan mendapat obat afdruk dan sensitizier. untuk mengafdruk capurkan obat afdruk tersebut dengan sensitizier. takarannya adalah setetes sensitizier untuk 200 tetes obat afdruk. ingat jangan langsung mencoba mencapur semua obat afdruk dengan sensitizer karena campuran  bahan ini mudah rusak dan tak bisa disimpan dalam waktu yang  lama, jadi guanakan saja secukupnya, sesuai dengan besar kecilnya screen yang akan kita gunakan.

ketiga tuangkan obat afdrukan yang telah tercampur tadi pada bagian belakang screen. kemudian ratakan dengan menggunakan penggaris atau sejenisnya. lakukan hal tersebut sampai semua bagian tertutup obat afdruk. lakukan juga dengan hal yang sama dibagian  depan screen sampai betul - betul rata. tapi jangan lupa lakukan hal tersebut diruangan yang gelap atau daerah yang kurang cahaya soalnya obat afdruk yang tadi sangat rentan dengan cahaya.

Setelah screen yang tadi telah tertutup dengan obat afdruk dengan rata maka lakuakan langkah ke empat yaitu keringkan screen yang tadi dengan menggunakan kipas angin atau hairdryer sampai screen tersebut benar - benar kering bagian depan dan belakang.

Langkah kelima tempelkan gambar yang ingin kita cetak secara terbalik pada bagian belakang screen. gambar tadi bisa diprint pada kertas HVS atau kertas karkil atau yang lainnya. perhatikan baik - baik gambar yang akan kita tempel jangan sampai terbalik yah.

Setelah itu lakukan langkah kelima yaitu penyinaran. penyinaran ini bisa menggunakan sinar matahari atau lampu. lampu yang digunakan biasa lampu neon 20 watt 2 buah dan waktu penyinaran kira - kira 10 - 15 menit. semakin banyak lampu yang digunakan maka semakin cepat waktu penyinaran. berbeda dengan kalau kita menggunakan matahari. dengan matahari kita hanya memakai hitungan detik, sekitar 15 - 20 detik itu juga tergantung dengan terik tidaknya matahari pada saat itu.

Langkah ke enam setelah penyinaran selesai segera siram screen yang tersebut. maka akan terlihat gambar klise pada screen tersebut. setelah itu semprot bagian yang warnanya agak terang dan transparan dengan menggunakan penyemprot tanaman atau dengan menggunakan selang.

Setelah itu kita masuk pada langkah terakhir yaitu pengeringan. keringkan screen yang tadi kemudian screen tersebut siap digunakan. tapi sebelum digunakan periksa dahulu screen tersebut. Jangan sampai ada bagian yang bocor yang diluar dari gambar yang diinginkan. jika hal tersebut terjadi maka lakukan penursiran (tursir) dengan menggunakan sisa obat afdruk td kemudian keringkan dan siap digunakan.

Demikian tulisan saya untuk kali ini semuga bermanfaat. sekian  dan terima kasih. :)

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.